Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Fauziyah Bahas Penempatan & Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Bertemu Dubes RI untuk Saudi, Menaker Ida Fauziyah Bahas Penempatan & Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Kemnaker--

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Menaker juga membahas tentang pentingnya memperluas kesempatan kerja bagi pekerja migran di sektor formal. Beliau berpendapat bahwa sudah saatnya Indonesia meningkatkan peluang kerja formal.

Menurutnya, Indonesia memiliki surplus tenaga kerja di sektor kesehatan, seperti perawat, dan untuk dapat memanfaatkan mereka diperlukan ekspansi dalam kesempatan kerja. "Kami yakin bahwa tenaga kesehatan Indonesia memiliki kualifikasi yang memadai dan sangat dibutuhkan di Arab Saudi," tambahnya.



Menaker juga membicarakan tentang program jaminan sosial bagi Pekerja Migran Indonesia dengan merujuk pada penerbitan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 4 Tahun 2023. Beliau menjelaskan bahwa program jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan ini sangat penting bagi Pekerja Migran Indonesia.

"Program ini penting karena tidak hanya memberikan perlindungan setelah mereka kembali ke Indonesia dengan masa perlindungan selama 1 bulan, tetapi juga memberikan perlindungan kepada mereka yang menghadapi masalah di negara penempatan, seperti pemutusan hubungan kerja, repatriasi, dan perawatan medis akibat kecelakaan kerja," paparnya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya