Menilik Keindahan Kota Singkawang yang Jadi Daya Tarik Baru Bagi Kalimantan Barat kini Berubah dari Hutan Belantara Menjelma Jadi

Menilik Keindahan Kota Singkawang yang Jadi Daya Tarik Baru Bagi Kalimantan Barat kini Berubah dari Hutan Belantara Menjelma Jadi

kalimantan-ery_digital/pixabay-

Di sebelah baratnya, kota ini berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Karena menjadi pusat perdagangan yang vital, banyak orang dari berbagai daerah yang datang untuk bertransaksi.



Baik itu pedagang lokal maupun penambang emas dari Tiongkok. Kehadiran banyak warga Tionghoa di daerah ini juga menjadikannya pusat perayaan Imlek yang terkenal.

Hampir setengah dari total populasi penduduknya merupakan keturunan Tionghoa, sementara sisanya terdiri dari beragam etnis seperti Melayu, Dayak, dan Jawa.

Kota ini juga dikenal sebagai kota pesisir dan memiliki pelabuhan terbesar di Kalimantan Barat.



×

Awalnya, daerah ini hanya terdiri dari desa-desa kecil dengan mayoritas wilayahnya ditutupi oleh hutan belantara dan rawa-rawa.

Kemudian, daerah ini berkembang menjadi sebuah kecamatan di Kabupaten Sambas.

Berkat Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 1981, status kecamatan ini naik menjadi kota administratif dengan tujuan meningkatkan percepatan pembangunan.

Selanjutnya, pada tahun 1999, dilakukan pengkajian yang mendalam oleh Gubernur Kalimantan Barat dan Tim Pemekaran Kabupaten Sambas.

Baca juga: Luasnya 504 Km², Kalimantan Barat Akhirnya Sukses Buat Kota Baru yang Sudah Direstui oleh Presiden, Jadi Markas Keturunan Tionghoa

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya