Ikonik Banget! 8 Sajian Khas Lebaran yang Sudah Pasti Mengundang Selera: Ada Makanan Berat Hingga Kue Kering, Mana Favoritmu?

Ikonik Banget! 8 Sajian Khas Lebaran yang Sudah Pasti Mengundang Selera: Ada Makanan Berat Hingga Kue Kering, Mana Favoritmu?

Ketupat dan Opor Ayam.-(Foto: iStock) -

A. Santapan Utama


1. Ketupat dan Opor Ayam



Atmosfer Lebaran terasa begitu lengkap dengan kehadiran dua hidangan istimewa ini: ketupat dan opor ayam.

Sejak zaman Sunan Kalijaga pada abad ke-15, ketupat dan opor ayam telah menjadi lambang tradisional yang tidak bisa terpisahkan dari perayaan Lebaran.

Filosofi yang terkandung di dalamnya pun begitu dalam, di mana ketupat memiliki makna 'ngaku lepat' atau pengakuan atas kesalahan.



×

 

2. Sambal Goreng Ati

Sebagai pendamping yang pas untuk opor ayam, sambal goreng ati selalu menggoda dengan rasa pedasnya yang membalut santan opor ayam yang gurih.

Olahan kentang dan ati sapi yang digoreng dan kemudian dimasak bersama sambal goreng, menciptakan harmoni cita rasa yang tiada tara.

Baca juga: Suguhan Manis Penyambut Tamu Di Hari Raya Idul Fitri, Resep Sagoon Kelapa Siap Percantik Meja Ruang Tamu Dan Jadi Camilan Andalan

3. Rendang Daging

Sajian rendang daging menjadi puncak kelezatan di atas meja Lebaran. Kelezatan daging yang direndang dalam bumbu rempah khas membuat hidangan Lebaran semakin bermakna.

 

4. Sayur Lodeh
Sayur lodeh menjelma sebagai sajian pelengkap yang sempurna untuk menemani ketupat.

Campuran nangka, labu siam, kacang panjang, terung, atau bahan lainnya dalam kuah santan yang gurih, menciptakan harmoni cita rasa yang menggoda.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya